Koleksi Buku 35.000, Pengunjung Perpustakaan Sukoharjo Tak Lebih 150 Orang

Joglosemar | Insan Dipo Ferdias ilustrasi perpustakaan daerah

SUKOHARJO — Minat masyarakat mengunjungi Perpustakaan Daerah Sukoharjo masih tergolong rendah. Dalam sehari, hanya tercatat sekitar 100 orang berkunjung ke perpustakaan yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Sukoharjo itu.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Sukoharjo, Ninik Ristiani mengatakan, pengunjung perpustakaan didominasi siswa sekolah.
Sementara kunjungan dari kalangan masyarakat umum masih sangat minim. Berdasarkan catatannya, dalam satu hari rata-rata jumlah pengunjung antara 100-150 orang.

“Minimal dalam satu hari ada 100 pengunjung. Kalau ramai sampai 150 pengunjung,” kata Ninik Ristiani usai pembukaan Pameran Buku di Gedung Budi Sasono, Rabu (28/9/2016).

Ninik mengatakan, pihaknya masih terus berupaya meningkatkan budaya membaca di masyarakat agar jumlah pengunjung perpustakaan meningkat.
Menurutnya, selama ini KPAD sudah melakukan berbagai upaya untuk memasyarakatkan buku. Baik dengan event di dalam kantor maupun di luar kantor perpustakaan. Salah satunya dengan menggelar pameran buku.

“Selain kegiatan di dalam kantor, kami juga rutin menerjunkan armada perpustakaan keliling ke desa-desa,” imbuhnya.
Ninik menjelaskan, armada perpustakaan keliling juga mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah pelosok. Saat ini, perpustakaan daerah memiliki koleksi lebih dari 35.000 buku.

Menurutnya, jumlah tersebut terus bertambah karena selalu mendapatkan anggaran dari APBD untuk pengadaan buku-buku baru. “Dalam satu tahun bisa menambah koleksi sekitar 500 buku baru,” imbuhnya.

Sementara itu, Pameran Buku digelar mulai 28 September-4 Oktober. Ninik mengatakan, dalam pameran tersebut terdapat 45 stan yang diisi penerbit, distributor dan toko buku, serta stan aksesoris, mainan edukasi, dan lainnya.

“Peserta pameran ada yang berasal dari Jakarta, Bogor, Bandung, Kudus, Pekalongan, Solo, dan kota-kota lain,” katanya.
Sofarudin

*** Sumber : http://joglosemar.co/2016/09/koleksi-buku-35-000-pengunjung-perpustakaan-sukoharjo-tak-lebih-150-orang.html ***

Subscribe to Kabupaten Sukoharjo Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top