Akhirnya SMA dan SMK di Sukoharjo Resmi Dikelola Provinsi


       SUKOHARJO (KRjogja.com) - Pengelolaan aset SMA/SMK di Sukoharjo sudah diserahkan ke pihak Provinsi Jawa Tengah per 1 Oktober tahun 2016. Sedangkan untuk keuangan baru akan dijalankan mulai Januari tahun 2017 mendatang.

       Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo Darno, Minggu (2/10/2016) mengatakan, secara de jure pengelolaan SMA/SMK di Sukoharjo per 1 Oktober sudah menjadi kewenangan Provinsi Jawa Tengah. Pengelolaan tersebut seperti dari sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, aset dan lainnya sekarang sudah diserahkan ke provinsi.

       Sekolah tingkat SMA/SMK per 3 Oktober saat aktifitas belajar mengajar mulai dilaksanakan pada awal bulan sudah dikelola provinsi. Sedangkan secara de facto pengelolaan kewenangan SMA/SMK di Sukoharjo baru akan ditangani provinsi mulai 1 Januari 2017. Hal itu lebih lama dibanding pengambilalihan kewenangan pengelolaan untuk SDM, sarana dan prasarana, aset dan lainnya.

      “Secara de jure semua sudah dikelola provinsi. Cuma soal keuangan baru diserahkan pada Januari karena tahun anggaran sekarang sudah berjalan dan menunggu tahun anggaran baru 2017,” ujar Darno.

       Disdik Sukoharjo menaati aturan seperti yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Darno menambahkan, posisi sekarang memang masih ada persoalan di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pengambilalihan kewenangan pengelolaan dari daerah ke provinsi masih berjalan.

       “Masalah peninjauan di MK itu tetap jalan. Sedangkan proses pengambilalihan kewenangan juga jalan. Perkara nanti bagaimana hasil proses hukumnya di MK mungkin bisa menyusul,” lanjutnya. (Mam)

Sumber : http://www.krjogja.com/web/news/read/11358/Akhirnya_SMA_dan_SMK_di_Sukoharjo_Resmi_Dikelola_Provinsi

Subscribe to Kabupaten Sukoharjo Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top