Sejumlah Jembatan di DAS Bengawan Solo Debit Air Sungai Bengawan Solo Cenderung Tinggi


       SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Sejumlah jembatan yang berdiri di atas aliran Sungai Bengawan Solo, di Kabupaten Sukoharjo, perlu dipantau lebih ketat. Pasalnya debit air dalam beberapa hari ini, cenderung tinggi.

       Seorang warga di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Arfian (30) berharap dinas terkait secara intens memantau kontruksi jembatan Bacem. Pasalnya dalam hujan beberapa hari ini, arus sungai cukup deras. Bahkan debit sungai terpanjang di Pulau Jawa itu, membawa sampah-sampah yang membahayakan bagi rangka jembatan. Seperti pohon bambu berserta akar-akaranya terbawa air dan yang menyangkut di rangka jembatan. “Harus ada pengecekan rutin,” katanya, Minggu (2/10).

       Warga di Desa Gupit, Kecamatan Nguter, Anwar Sodik (40), juga meminta ada pengawasan terhadap jembatan Nguter. Yakni jembatan yang mengubungkan Kota Makmur dengan Kabupaten Wonogiri. Apalagi tidak jauh dari jembatan, pernah terjadi longsor, sehingga dikhawatirkan membuat pondasi terdampak.“Terutama jika hujan deras. Bahkan debit air Bengawan Solo masih terus meninggi. Penagwasan rutin jembatan, bisa diperbanyak. Ya agar pengendara dan warga tenang,” ungkap dia.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Suprapto menerangkan, jika jembatan yang berada di Kota Makmur, dipantau. Dalam inventarisasi, diantaranya jembatan Bacem di Kecamatan Grogol, jembatan Gupit dan Brangkal di Kecamatan Nguter, serta jembatan Mojo di Kecamatan Mojolaban.“Terutama jembatan penghubung antar kabupaten. Kami sudah meminta dinas terkait, lebih waspada saat hujan seperti ini. Kami meminta dicek dan dicek terus,” terang dia.

      Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo, Jumadi menjelaskan, pihaknya terus mengamati perkembangan cuaca. Termasuk di dalamnya, memantau jembatan-jembatan yang berada di Kota Makmur. Khusus untuk jembatan yang menjadi penghubung kabupaten, pihaknya berkoordinasi dengan Bina Marga Jateng Wilayah Surakarta.“Pastinya, kami melakukan pemantauan di lapangan. Hal itu dilakukan, agar memastikan kondisi jembatan prima, meski terus diguyur hujan,” akunya.

(Asep Abdullah/CN40/SM Network)
Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/dipantau-sejumlah-jembatan-di-das-bengawan-solo/

Subscribe to Kabupaten Sukoharjo Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top