Temukan Rhodamin, Petugas Gabungan Sisir Sejumlah Pasar Di Sukoharjo

MEMERIKSA BARANG: Petugas memeriksa barang dagangan di salah satu kios di Pasar Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.(suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

      SUKOHARJO – Sejumlah pasar di Kabupaten Sukoharjo disisir petugas gabungan. Dalam penyirisan itu, petugas menemukan makanan mengandung zat berbahaya rhodamin B atau pewarna sintetis.

       Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sukoharjo, Sutarmo, bahwa penyisiran dilakukan untuk menekan peredaran makanan berbahaya yang mengandung pewarna sintetis. Alhasil, petugas Disperindag, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pertanian (Dispertan) dan Polres itu, menemukan makanan berbahaya bagi kesehatan. Seperti kerupuk. “Makanan itu mengandung rhodamin. Kami temukan di dalam Pasar Bekonang, Kecamatan Mojolaban,” kata dia, Minggu (2/10).

       Sutarmo menjelaskan, penemuan makanan mengandung zat berbahaya itu, tidak hanya di satu kios sembako. Namun ada di sejumlah kios. Selanjutnya, petugas menyita temuan tersebut untuk diteliti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahkan sejumlah pedagang juga didata, agar tidak sembarangan menerima barang dari distributor.“Pedagang juga tidak bisa membedakan, mana yang mengandung rhodamin B, mana yang tidak. Kami sosialisasi, agar pedagang lebih selektif,” jelasnya.

       Lebih lanjut dia mengaku, petugas tidak hanya menemukan makanan mengandung zat berbahaya, namun mendapati sejumlah label paslu dan tanpa izin sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (P-IRT). Diantaranya, terlihat pada produk teh celup dan usus krispi. Selain pemeriksaan di Pasar Bekonang, petugas juga menyisir pasar lain secara bertahap. Mulai dari Pasar Ir Soekarno, Grogol hingga Kartasura.“Penyisiran terus dilakukan. Ini sebagai bentuk perlindungan bagi konsumen,” aku dia.

(Asep Abdullah/CN40/SM Network)
Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/temukan-rhodamin-petugas-gabungan-sisir-sejumlah-pasar/

Subscribe to Kabupaten Sukoharjo Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top